Sabtu, 03 Oktober 2015



Garuda Gagah Yang Tetap Bertahan di Negara Tercinta kita, INDONESIA

Pancasila, kami sudah mengenal lama, tepatnya dari sekolah dasar hingga menengah atas, minimal setiap minggu, kami sebut namamu...

Panjang sekali perjalanan pancasila, penuh sepak terjang, mengapa Pancasila tetap bertahan? 




Sungguh Sakti Ideologi Pancasila. Kesaktian Pancasila sudah diuji kala melawan kekejaman dalam pemberontakan G30SPKI. Pada saat itu otoritas militer dan kelompok reliji menyebarkan kabar bahwa insiden G30SPKI adalah usaha PKI untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965-1966.
Pada saat itu, enam jendral dan beberapa orang lainnya dibunuh. Pada akhirnya, gejolak yang timbul akibat G30SPKI berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Kemudian pemerintah orde baru menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang menjadi buntut dari Tragedi G30SPKI yang diperingati setiap tanggal 30 September.
Tebukti bahwa kala itu Pancasila sangat dipertahankan keberadaannya oleh rakyat Indonesia. Meskipun terjadi pembunuhan dimana-mana, namun Pancasila masih tetap berdiri dan tak tergantikan. Kini ditengah maraknya pergaulan Internasional di era globalisasi ini, begitu banyak tantangan yang menghujam Pancasila. Berbagai isu dan kasus datang silih berganti seakan menguji keberadaan dan kekuatan Pancasila untuk kesekian kalinya sebagai dasar negara. Namun, tak ada satu pun yang dapat mengalahkan Pancasila, hingga Pancasila kini masih bertahan dan tak tergantikan. Pengaruh globalisasi sangat terlihat dari tingkah laku masyarakat Indonesia yang semakin membarat-baratkan dirinya. Kecintaan mereka terhadap Tanah Air dan Pancasila semakin memudar, Pancasila hanya sepenggalan kalimat yang terlampir dipikiran mereka tanpa mereka amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi itu semua tidak akan memudarkan jika Pemuda dan Pemudi Indonesia memiliki jiwa pancasila yang hidup, tidak mati dalam pengaruh-pengaruh negatif dari luar sana.
Setiap kata dan kalimat didalam butir-butir Pancasila memiliki makna yang sangat dalam bagi rakyat Indonesia. Butir-butir dari setiap sila dalam Pancasila mengatur tingkah laku sehari-hari rakyat Indonesia sebagai warga negara. Mulai dari keTuhanan hingga kemanusiaan, dijelaskan dengan rinci dalam Pancasila.
Jadi, Itulah Mengapa Pancasila tetap tegak di bumi Indonesia.


Jas Merah
Jangan sekali-sekali melupakan sejarah 



0 komentar :

Posting Komentar