Sabtu, 10 Oktober 2015






Pembelajaran di PAUD Nurul Huda dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI) 



1. Bagian Awal
Kelas   :LG01
Dosen  : Pak Petrus Hepi Witono, D5048, 
Hari/ Tanggal           : Senin / 9 Oktober 2015
Jam                           : 13.00-14.45,
Jumlah Anak Murid : 2 kelas Total 23 anak
PIC                           : Iyah Komalasari

Lokasi                       : Jalan Palmerah Barat 8, Blok H Mursyid No 5, Palmerah , Jakarta Barat 11480
Tim yang Hadir : 
Ketua : 
- Nicholas Franko Fortino  ( Nim : 1901486630 )

Anggota: 
Ardianto Tan                ( Nim : 1901497874 )
Johnie Gorethai            ( Nim : 1901487766 )
Kevin William              ( Nim : 1901478906)
Lisa Yolani Sinaga      ( Nim : 1901495175)
- Shyntia Yuriza             ( Nim : 1901499255 )
Rilla Gusela Sumisra  ( Nim : 1901526792 )


2. Bagian Isi




a.  karena kami mengajar 2x seminggu, dan CB hanya 1x seminggu, utuk Teori yang diajarkan oleh Pak Hepi di kelas yaitu Dasar-dasar Pancasila. Diceritakan sejarah tentang bagaimana sepak terjang Pancasila menjadi ideologi di Indonesia. Karena banyak sekali yang ingin menggantikan ideologi tersebut .


b. Persiapan yang kami lakukan adalah koordinasi untuk membuat materi. itu dilakukan setelah pulang mengajar Paud di hari pertama, kami berkumpul di Tempat makan Hotchics untuk memikirkan materi baru. Akhirnya kami menentukan untuk memberikan materi mewarnai gambar. kami memilih gambar yang mudah, yaitu buah dan hewan,  setelah itu kami menentukan jam dan tempat kumpul. seperti biasa  di depan kampus Syahdan jam 12. kami kesana menggunakan angkot bersama-sama

    Di hari kedua ini, kami menyediakan sebuah gambar Buah dan Binatang untuk di warnai oleh murid-murid tersebut yaitu gambar Mangga dan Paus. Tapi kegiatan kami tidak hanya mewarnai saja, tetapi kami juga membantu anak-anak tersebut membaca dan menulis. Inilah kegiatan-kegiatan kami yang dapat diabadikan: 




Lisa : Hari kedua : kesannya ya yang pasti sudah tidak gugup lagi, karena sudah tau karakter anak-anaknya , semua anak di paud gampang diatur, ngak ada yang nakal, semuanya nurutin apa kata kita semua. Jadi udah enak banget ngajarin anak-anak di Paud.


Lisa Yolani Sinaga
1901495175


Ardianto : pengalaman hari kedua...mewarnai gambar di depan kelas...bingung mikirin warna nya, aku mulai mewarnai mangga dan setelah itu ikan paus.


Ardianto Tan
1901497874


Shyntia : Hari kedua aku bantuin seorang anak mengenali nama buah dan hewan dari gambar yang disediakan, membantu mencari warna untuk gambar tersebut, membantu mereka membaca  buku bacaan yang disediakan, membantu cara menulis yang huruf dengan benar, yang pasti membantu mereka yang masih kurang bisa, semua itu bisa dibilang merupakan hal yang menyenangkan.


Shyntia Yuriza
1901499255



Notes: shythia tidak memakai almamater karena belum mendapatkan almamater dari Binus dikarenakan ukuran yang belum ada.

Franko : hari kedua aku membimbing anak-anak dalam mewarnai, ada yang warnanya tidak sesuai, keluar garis, ada juga yang sangat bagus mewarnainya,



Nicholas Franko Fortino 
1901486630


Kevin : hari kedua aku jadi kameramen, mendokumentasikan acara, selain itu juga menyemangati anak-anak yang mewarnai , mereka semua baik-baik

Rilla : Di hari itu, anak-anak begitu serius dalam mewarnai, sebagai pengajar disana kami sangat senang karena mereka dapat mengikuti materi mewarnai yang kita berikan


Rilla Gusela Sumisra
1901526792


Johnie : Semua anaknya sangat baik dan mudah untuk diajari, mereka sangat senang dengan materi mewarnai yang kami berikan,



Johnie Gorethai
1901487766



Laporan Form Evaluasi


Sebelum KegiatanSesudah Kegiatan
·      Murid-murid mewarnai tidak sesuai objek gambar
·      Tidak semua murid tidak mengenal warna dasar
·      Murid-murid ada yang belum bisa membaca buah dan hewan yang tertera di gambar
·      Murid-murid mewarnai sesuai objek gambar
(misal mangga berwarna hijau, tidak ada yang berwarna pink)
·      Semua murid mengenal warna dasar
·     Murid-murid  dapat membaca buah dan hewan yang tertera di gambar
Pencapaian yang telah kami lakukan untuk anak-anak adalah, mereka sudah mengenal baik, misalnya kami baru datang dan kelas Paud belum dimulai mereka sudah mengajak bersalaman, mereka dapat memperhatikan pengajaran kami dengan seksama
Kesimpulan dari Pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana caranya untuk mengajak anak-anak belajar dengan mencontohkan di depan, membimbing anak-anak yang pemalu jika salah bisa langsung diarahkan. 


Perbaikan yang akan kami lakukan di pertemuan selanjutnya adalah mencari bahan Lomba peringatan Tahun Baru Hijriah atas permintaan Ibu Guru dan Yayasan Nurul Huda.
Terdapat 23 Murid:
kelompok A:
1.Thalita
2.Aura
3.Nurul Hidayat
4.Ramadhon
5.Hafidz

6.Habibi Zakir

Kelompok B:
1.Zahra
2.Alayya
3.Aluyya
4.Fitriyah
5.Shena
6.Mutia
7.Puput
8.Shafira
9.Sarah
10.Zivana
11.Ardhan
12.Alfan
13.Rafly
14.Reifan
!5.Asyraf
16.M.Ikram
17.Zaki

2 komentar :

  1. wahhhhh, terharu banget lihat foto fotonya. kayaknya sudah siap diterjunkan ke timnya anies baswedan nieh di indonesiamengajar.com. hihihi...karena ini refleksi bersama, sangat baik jika mengatasnamakan kami. jangan aku...hhihihi...bagaimana kisah menemani mereka menggambar? bikin penasaran?ribet gak? kakak-kakak disana jadi rebutan gak? hihihi....ditunggu kisahnya.

    BalasHapus