Senin, 26 Oktober 2015






Pembelajaran di PAUD Nurul Huda dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI) 


1. Bagian Awal
Kelas   :LG01
Dosen  : Pak Petrus Hepi Witono, D5048, 
Hari/ Tanggal           : Senin / 23 Oktober 2015
Jam                           : 13.00-14.45,
Jumlah Anak Murid : 2 kelas Total 23 anak
PIC                           : Iyah Komalasari

Lokasi                       : Jalan Palmerah Barat 8, Blok H Mursyid No 5, Palmerah , Jakarta Barat 11480
Tim yang Hadir : 
Ketua : 
- Nicholas Franko Fortino  ( Nim : 1901486630 )

Anggota: 
Ardianto Tan                ( Nim : 1901497874 )
Johnie Gorethai            ( Nim : 1901487766 )
Kevin William              ( Nim : 1901478906)
Lisa Yolani Sinaga      ( Nim : 1901495175)
- Shyntia Yuriza             ( Nim : 1901499255 )
Rilla Gusela Sumisra  ( Nim : 1901526792 )

2. Bagian Isi

a. Karena GSLC, kami diberikan tugas untuk membuat Surat untuk Tuhan dalam konteks Beriman kepada Tuhan dan mengambil nilai dari sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. kami dilatih dalam Kejujuran kepada Tuhan.

b. Persiapan yang kami lakukan berkoordinasi, dan karena masih ada setengah sisa dari hadiah yang kami beli kemarin, dan juga ini hari terakhir kami mengajar, kami memberi Games untuk anak-anak. kami mencari dan memikirkan soal-soal yang cocok dan pas untuk anak-anak Paud serta yang merka mudah pahami. kami kumpul di syahdan dan naik taksi karena lebih murah ternyata, hanya bermodal 10 ribu saja dibanding angkot. 

c.Metode yang kami terapkan untuk pertemuan terakhir dalam games adalah memberikan beberapa huruf dari jawaban, dan kami akan memberi clue, misalnya AWAN, kami tuliskan A dan N, dengan clue sesuatu di langit yang berwarna putih seperti kapas. sebelum itu kami mengajarkan beberapa nama hewan dalam bahasa inggris.



Lisa Yolani Sinaga
1901495175
sebelum game, diberi pembelajaran bahasa inggris. mereka sudah pintar dibanding kami dulu waktu TK, bayangkan kami baru tahu nama-nama hewan dalam bahasa inggris saat kelas 4/5/6 SD, mereka sudah bisa mengucapkan bahasa inggris dengan baik. dan daya ingat mereka patut diacungi jempol. kekurangannya  masih banyak yang cadel, jadi lucu didengarnya.

Rilla Gusela
1901526792
sudah akrab sekali, tapi sudah pertemuan terakhir, pasti bakalan kangen. pas pertama kali diajak foto, anak-anaknya malu dan takut, tapi sekarang mereka yang narsis dan kenal dekat dengan kita. ini diambil sebelum waktu masuk kelas.



Ardianto Tan
1901497874
Mereka anak-anak yang mudah memahami banyak hal, jadi ini semua tergantung kita yag menjadikan contoh terbaik bagi anak-anak.


Shyntia Yuriza
1901499255
Siapa bilang mengajar anak-anak bikin capek, justru tingkah mereka yang sulit ditebak dan kepolosan mereka membuat keceriaan tersendiri

Johnie Gorethai
1901487766
Mereka takut untuk mengemukakan pendapat, bicara sendiri dengan pendapat mereka, oleh karena itu kita harus membujuk supaya mereka mau mengeluarkan apa yang mereka pikirkan, itu salah satu sikap sosial yang harus dilatih sejak dini, yaitu mengemukakan pendapat

kami sedang menuliskan Game pertanyaan di papan tulis untuk anak-anak menjawabnya.
mereka sangat antusias sebenarnya, mereka mudah diatur apalagi duduk dengan rapi (dengan yel-yel tentunya)




 Kevin William
1901478906
ada anak yang hanya mengangguk jika diarahkan, ada anak yang bertanya kenapa begini dan begitu, mereka mempunyai cara berpikir sendiri-sendiri, tapi hal baiknya mereka mendengarkan kami dengan seksama, menghargai orang berbicara.





dari kiri ke kanan : Kevin William 1901478906, Ardianto Tan 1901497874, Rilla Gusela Sumisra 1901526792, Shyntia Yuriza 1901499255, Lisa Yolani Sinaga 1901495175, Johnie Gorethai 1901487766,  Nicholas Franko Fortino 1901486630


Berhubung Materi Faith in God, kami ada lagu yang setiap hari pasti dinyanyikan oleh anak-anak sebelum kelas.

MAU BER’DOA



Jika aku ber do’a kuangkat tanganku
Dengan suara lembut tidak berteriak
Berdoa sungguh-sungguh agar dikabulkan
Segala permohonan hamba yang beriman

Tanganku ada dua (sambil mengacungkan dan menggoyangkan jempol seperti simbol OKE)
Jarinya lima lima (sambil menggerakkan kesepuluh jari-jarinya)
Ku susun semuanya (sambil menirukan gerakan tangan ketika berdoa)
Mari kita berdoa…


Hayo jangan lupa berdoa ya teman-teman, anak-anak paud ini aja berdoa.




Laporan hari keenam:





Sebelum KegiatanSesudah Kegiatan
·      Murid-murid yang pemalu tidak akrab dengan teman lain
·      Murid-murid malu untuk mengangkat tangan menjawab pertanyaan.
·      Murid-murid belum mengenal hewan-hewan sekitar dalam bahasa inggris
·      Murid-murid yang pemalu sudah bermain dengan ceria dan akrab dengan teman yang lainnya 
·      Murid-murid sudah berani mengemukakan jawaban dan pendapat
·     Murid-murid sudah mengenal hewan-hewan sekitar dalam bahasa inggris
Pencapaian yang telah kami lakukan untuk anak-anak adalah, mereka berani untuk menjawab pertanyaan, tidak malu untuk menjawab, dan membuat mereka jadi paham akan pelajaran karena dengan games bisa meriview kosakata yang baru saja mereka dapatkan dengan membayangkan clue-cluenya.
Kesimpulan dari Pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana caranya untuk memahami dan merasakan bahwa mengajar bukan berarti kami lebih baik daripada anak-anak, tapi bagaimana kita dapat menunjukkan mereka hal-hal baik, karena di umur-umur mereka yang masih kecil, informasi yang mereka dapatkan sangat tertanam, dan cepat dipahami oleh mereka. oleh karena itu kami belajar untuk memberikan yang terbaik untuk generasi penerus bangsa ini, contohnya dengan mengajari mereka

Perbaikan yang akan kami lakukan di pertemuan selanjutnya adalah di CB selanjutnya kami dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat lainnya seperti ini. mungkin terasa sepele bagi sebagian orang, tapi menurut kami, hal-hal seperti ini dapat meningkatkan jiwa sosial kita. dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila tentunya. menjadikan kami bukan binusian biasa.

Terima kasih Binus University
kami bersyukur dengan Tugas mulia ini. Tidak semua universitas memberi Tugas sosial seperti ini.

Terima kasih Teach For Indonesia :)
Atas Metode dan  Visi misi yang membangkitkan jiwa sosial kami dalam Mengajar dan membangun untuk Indonesia

 Terima Kasih Pak Hepi :)
Bapak Guru yang hebat dengan Cara mengajar yang hebat, membuat hepi dan bahagia dalam melaksanakan tugas, membuat kita memahami bahwa mengamalkan Pancasila tidaklah sulit asal ada niat, kemauan, usaha, dan kerja keras. Mungkin kami tidak dapat berperang melawan penjajah seperti pahlawan yang telah gugur, tapi kami dapat berperang melawan hal-hal negatif yang menghambat Tujuan Pancasila ini. 

Terima kasih Team SOLID COA (Class of Awesomeness).
Kita bukan binusian biasa.

Terdapat 23 Murid:
kelompok A:
1.Thalita
2.Aura
3.Nurul Hidayat
4.Ramadhon
5.Hafidz

6.Habibi Zakir

Kelompok B:
1.Zahra
2.Alayya
3.Aluyya
4.Fitriyah
5.Shena
6.Mutia
7.Puput
8.Shafira
9.Sarah
10.Zivana
11.Ardhan
12.Alfan
13.Rafly
14.Reifan
15.Asyraf
16.M.Ikram
17.Zaki


0 komentar :

Posting Komentar