Selasa, 06 Oktober 2015






Pembelajaran di PAUD Nurul Huda dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI) 


1. Bagian Awal
Kelas   :LG01
Dosen  : Pak Petrus Hepi Witono, D5048, 
Hari/ Tanggal           : Senin / 5 Oktober 2015
Jam                           : 13.00-14.45,
Jumlah Anak Murid : 2 kelas Total 23 anak
PIC                           : Iyah Komalasari

Lokasi                       : Jalan Palmerah Barat 8, Blok H Mursyid No 5, Palmerah , Jakarta Barat 11480
Tim yang Hadir : 
Ketua : 
- Nicholas Franko Fortino  ( Nim : 1901486630 )

Anggota: 
Ardianto Tan                ( Nim : 1901497874 )
Johnie Gorethai            ( Nim : 1901487766 )
Kevin William              ( Nim : 1901478906)
Lisa Yolani Sinaga      ( Nim : 1901495175)
- Shyntia Yuriza             ( Nim : 1901499255 )
Rilla Gusela Sumisra  ( Nim : 1901526792 )




Tim yang tidak hadir : 
-






2. Bagian Isi






a. karena kami mengajar 2x seminggu, dan CB hanya 1x seminggu, utuk Teori yang diajarkan oleh Pak Hepi di kelas yaitu Dasar-dasar Pancasila. Diceritakan sejarah tentang bagaimana sepak terjang Pancasila menjadi ideologi di Indonesia. Karena banyak sekali yang ingin menggantikan ideologi tersebut .



b. Persiapan yang kami lakukan pertama kali adalah membuat grup LINE untuk koordinasi dan berkomunikasi sesama anggota, kami mendiskusikan untuk hari pertama diprioritaskan untuk beradaptasi dengan anak-anak tersebut, disitu kami menentukan jam dan tempat kumpul. setelah ditentukan  di depan kampus Syahdan jam 12.



c.Metode yang kami terapkan untuk pertama kali, kami berusaha mengikuti dulu cara mengajar di Paud tersebut untuk beadaptasi di hari pertama mengajar. hal positifnya anak-anak Paud dapat mengenal kita dengan baik karena kami mengikuti cara mengajar Ibu guru yang ceria dan bisa mengerti kondisi anak-anak tersebut. hal kurang baiknya yaitu kami belum mengusahakan materi baru karena ingin beradaptasi dengan gaya belajar di Paud tersebut.



 Kegiatan kami di hari pertama mengajar di Paud yaitu memperkenalkan diri kepada murid-murid, membantu para guru untuk mengajar para murid membaca, menulis dan mewarnai.




Berikut video perkenalan kami, check this out :





Video perkenalan kami



- Nicholas Franko Fortino  ( Nim : 1901486630 )
Ardianto Tan                ( Nim : 1901497874 )
Johnie Gorethai            ( Nim : 1901487766 )
Kevin William              ( Nim : 1901478906)
Lisa Yolani Sinaga      ( Nim : 1901495175)
- Shyntia Yuriza             ( Nim : 1901499255 )


Rilla Gusela Sumisra  ( Nim : 1901526792 )


=========================================================================================
Pengalaman  yang di dapat para anggota kelompok ini,



Franko yang sedang mengajar membaca kepada salah satu murid.
Franko : mengajar membaca anak kecil dan rasanya menyenangkan karena melihat anak-anak yang semangat membaca dengan ria dan ceria


Nicholas Franko Fortino 

1901486630





========================================================================


lisa ( sebelah kiri ) & kevin ( sebelah kanan )
Lisa : hari pertama mengajar di paud tentunya sangat gugup karena itu adalah pertama kalinya kami ngajarin anak-anak kecil belajar dan takut banget kalo ada anak yg ga suka di ajar sama kami karena karakter tiap-tiap anak itu berbeda-beda. Tetapi ternyata anak-anaknya pada baik & nggak nakal jadi enak ngajarinnya bisa dibilang hari pertama ngajar walaupun agak gugup dan nervous tapi kita sukses bikin anak-anak suka sama kita


Kevin : disana kami membantu anak-anak untuk menulis huruf dan membaca, mereka sama sekali tidak takut dengan orang baru seperti kami, oleh karena itu cepat beradaptasi dengan kami semua



  Lisa Yolani Sinaga                        Kevin William             
1901495175                              1901478906      


========================================================================


Foro bersama sebelum mengajar, Johnie ( kiri ), Rilla ( kanan )
dan Shyntia ( tengah )
notes :shyntia tidak memakai almamater karena belum ada nyaukuran yang pas dari pihak Binus



Rilla yang sedang membantu salah satu murid.




johnie yang sedang mengajar menulis kepada salah satu murid.

Shyntia : disana kami ngajarin anak paud yang awalnya nulis dari kanan ke kiri, jadi nulis dari kiri ke kanan. ngajarin anak itu mengeja yang benar, melihat mereka bisa nyanyi lagu sebanyak itu salut juga. di hari pertama kami melihat seorang anak yang agak berbeda dari anak yang lainnya, kata sang guru,  anak ini memang susah membaca, menulis dan selalu terlihat pucat.


Rilla : hari pertama kami mengambil bebarapa foto kegiatan, selain itu mengajari mereka membaca huruf dan Iqro, mereka semua anak-anak yang baik dan punya semangat belajar yang tinggi. di perkenalan mereka semua memperhatikan kami dan anak-anaknya suka sama kita-kita


Johnie : anak-anaknya menyenangkan, di paud kami mengajari mereka membaca. mereka adalah anak-anak yang mudah untuk diajarkan dan diatur, mereka sangat bersemangat untuk belajar.

Johnie Gorethai                (Nim : 1901487766)
Shyntia Yuriza                  (Nim : 1901499255)
Rilla Gusela Sumisra        (Nim : 1901526792)




========================================================================


Ardianto : hari pertama kami menjadi bagian dokumentasi, disana kami mengambil gambar anak-anak yang sedang belajar bersama kaka-kaka binus, dan keceriaan mereka disana.

               Ardianto Tan               
 ( Nim : 1901497874 )





================================================================

Survey Eksternal     :  Berdasarkan survey yang telah kami lakukan, menurut Ibu Mala, kelompok kami hadir tepat waktu, berlaku sopan dan dekat dengan murid-murid, tim menggunakan atribut Mahasiswa, tim menggunakan pakaian yang sopan, semua anggota tim menjalankan tugas dengan tanggungjawab. Saran dari Ibu Mala adalah “Kalau bisa sering-sering datang kesini untuk mengajar”


Laporan hari pertama


Laporan Form Evaluasi




Sebelum KegiatanSesudah Kegiatan
·      Murid-murid belum mengenal kelompok kami
·      Murid-murid tidak mengenal peralatan sederhana di dapur
·      Murid-murid tidak dapat membaca tulisan peralatan sederhana di dapur
·      Murid-murid mengenal kelompok kami
·      Murid-murid mengetahui peralatan sederhana di dapur
·     Murid-murid  dapat membaca tulisan peralatan sederhana di dapur

Pencapaian yang telah kami lakukan untuk anak-anak adalah, mereka menjadi lebih mengenal tentang tulisan, baca dan gambar-gambar peralatan sederhana di dapur seperti sapu, wajan dll.
Kesimpulan dari Pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana caranya untuk berkoordinasi antar sesama volunteer dalam mengajar dan pendekatan dengan murid-murid. 
Perbaikan yang akan kami lakukan di pertemuan selanjutnya adalah membuat materi untuk pengajaran selanjutnya.
Terdapat 23 Murid:
kelompok A:
1.Thalita
2.Aura
3.Nurul Hidayat
4.Ramadhon
5.Hafidz

6.Habibi Zakir

Kelompok B:
1.Zahra
2.Alayya
3.Aluyya
4.Fitriyah
5.Shena
6.Mutia
7.Puput
8.Shafira
9.Sarah
10.Zivana
11.Ardhan
12.Alfan
13.Rafly
14.Reifan
15.Asyraf
16.M.Ikram
17.Zaki

0 komentar :

Posting Komentar